Pasang Kupling Manual pada Vega ZR Ternyata Ribet

Hello zrriders, kali ini zrriders akan membahas kategori spesial Upgrade performa ZR : Kopling manual.
Selama ini kita mengetahui jika yamaha vega zr menganut kopling diafragma yg hanya menggunakkan 2 kampas kopling dan tanpa per kopling.

kopling model diafragma di klaim lebih rata dan halus saat pergantian gigi dan murah dalam perawatan. Tapi menurut q kurang nampol buat akselerasi. Emang sih biar lebih enak bisa pake kampas kopling karisma atau jupiter mx, tapi cuma berlak buat zr 2009 ke bawah.
Akhirnya q ingin mencoba masang kopling manual di vega zr q, tahap pertama q mencari blok kopling manual buat vega zr.
Terus ketemu tuh blok kopling di sebuah toko variasi dan speedshop di kota Tegal. Akhirnya deal deh blok kopling merk SND seharga 290ribu.
Setelah itu q browsing di internet sama tanya2 d forum roda2 biar lebih enak pake rumah kopling apa, ada yg nyaranin pake punya MX, ada jg yg nyaranin pake karisma. Akhirnya q beburu deh perangkat kopling mx.
Ternyata ada temen yg pake kopling mx tapi katanya harus di bubut dulu terus jg kurang enak, ah akhirnya q jadi ragu mw pake mx soalnya ribet, terus denger2 ada rumah kopling 6 per merk sys, q tertarik tapi harus beli online.
Akhirnya q beli tuh rumah kopling secara online di kaskus.

setelah menunggu di gua selama 5 hari, akhirnya sampe juga tuh barang,,
terus waktu q pulang ke Brebes langsung ke Bengkel buat masang tuh kopling.

Ternyata ribet juga loh.
Hari pertama masang di Bengkel Laras Motor, kopling bisa di pasang tapi terlalu berat buat di tarik. saklar lampu jga macet gara2 handel bawaan SND.
Hari kedua bongkar lagi di Bengkel AMS, kali ini motong 2 per bawaan SYS sama ganti 4 per yg lain pake ori jupiter mx.hasil lumayan
Hari ketiga bongkar lagi di rumah. setelah bongkar sana bongkar sini akhirnya ketemu juga masalahnya. ternyata masih alot karena letak kabel terlalu narik sama dudukan kabel kopling di blok terlalu ke dalem. Akhirnya di benerin sekalian masang handle kopling jupiter mx yg ada tempat spion bior g ngalangin saklar.


Alhamdulillah akhirnya jadi juga, buat tarikan juga mantap, di pake beberapa hari timbul masalah, ada oli yg merembes.
Setelah cek sana cek sini ternyata ada bagian blok yg retak, baru inget kalo dulu pernah di petok pake palu waktu d bengkel laras, mw komplain sayang udah lama :evil: .
Alhasil daripada ntar tamah parah akhirnya di lem juga deh pake lem besi.

Setelah di lem Alhamdulillah rapet lagi tapi merusak penampilan blok kopling,, :sad:

Maaf yah kalo bahasanya berantakan,, :mrgreen:
Tetap sehat tetap semangat agar kita bisa tetap ngeblog ria.

3 komentar:

  1. saya hampir nyerah pasang blog kopling,, gara gara gak enak banget tarrikannya.. :( tpii akhirnya bisa juga dipasang :)
    ..

    BalasHapus
  2. Bagus lg kl pake lem Jb Weld bos. Kalo uda mateng bisa di kikis / di amplas biar rapih tampilannya... :D
    Btw, pake balancer brp gram bos?
    Nice info..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...