Rumah Kopling 6 Pegas Lebih Rata dan Menggigit

Rumah Kopling 6 Pegas Lebih Rata dan Menggigit



Ini spesial buat mereka yang doyan ngencengin motor. Dari yang sekadar korek harian sampe balap, pasti ngerti kalau tenaga besar hasil ledakan di ruang bakar jadi percuma jika gak sampai ke roda belakang.
Gara-gara selip kopling misalnya. Obat paling mujarab ya ganti konstruksi kopling dengan jumlah pegas lebih banyak. Ya, macam produk asal Malaysia berlabel SYS ini. Awal tahun saat event MotoPrix Banten, beredar kopling per 6 buat Yamaha Jupiter. Kini sudah tersedia produk untuk Yamaha New Jupiter/Vega ZR dan Honda Blade atau Absolute Revo.
Jumlah pegas kopling yang lebih banyak membuat tekanan pegas ke kampas kopling jadi lebih merata. Jelas gigitan kampas makin pakem, anti selip.
Dengan pegas kopling lebih banyak, hasilnya tidak sekadar sama dengan pegas kopling pasang yang lebih kaku. Jumlah pegas lebih banyak juga unggul di soal distribusi tekanan pegas. Jelas lebih merata. Terbukti lebih unggul untuk rpm tinggi.
Tambahan lagi, Jika hanya pegas yang dipasang lebih kaku, tuas kopling bakal terasa sangat kaku ketika ditarik. Berat untuk tangan, bikin cepat pegal hingga keram. Di road race, bisa kurangi konsentrasi pembalap.

Beda jika jumlah pegas kopling yang ditambah. Pegas tidak perlu terlalu kaku untuk menambah kekuatan gigitan kampas. Jadi, tangan tidak perlu susah menarik tuas kopling,
Soal produk Jupiter-Z, paket bermerek SYS ini terdiri dari center clutch atau bosh kopling, clutch pressure plate, dan per. Harganya di kisaran Rp 350 ribu.
Khusus soal kopling per 6 buat New Jupiter-Z dan Blade, paket kopling per 6 ini masih ditambahkan clutch house juga kampas dan pelat kopling.
Itu karena konstruksi kopling bawaan New Jupiter-Z dan Blade menggunakan pegas diafragma. Perbedaan itulah yang menuntut part kopling diganti total.
Pegas diafragma sebenarnya bagus, tapi dengan jumlah kampas kopling yang hanya 2 lembar jelas tidak mampu jika tenaga sudah jauh bertambah. Lagipula di pasaran belum ada pegas diafragma aftermarket spek racing.
Sayangnya, karena jumlah part bertambah, harganya pun jadi lebih tinggi ketimbang paket buat Jupiter-Z. Kalau buat New Jupiter-Z atau Blade dijual Rp 450 ribu.
Oh ya, soal kampas kopling buat paket kopling New Jupiter-Z dan Blade ini persis dengan milik MX atau Karisma.
Gimana, mau kopling lebih menggigit atau keram tangan?

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...