KOPLING YAMAHA VEGA-ZR LEBIH MANTAP
Untuk mengimbangi performa Yamaha Vega ZR yang sudah disentuh engine lewat cara korek, baiknya bagian kopling juga ikut diubah. Sebab jika tidak, tenaga besar bisa terbuang percuma akibat kopling mengalami selip. Nggak cihuy lagi, deh!
Seperti dialami Alvy Stanzah. “Awalnya, motor tidak mau lari di awal. Tapi setelah kopling diubah, kini sudah tidak begitu lagi,” ungkap pemilik Vega ZR 2009 dari Jl. Jembatan II, Sinar Budi, No. 14, Jakarta Barat.
Menurut Jimmy Hamdani yang mengubah kopling Vega ZR milik Alvy, itu karena kopling standar tak sanggup menyalurkan daya besar. Aslinya cuma pakai dua kampas kopling dan satu pelat gesek disertai pelat berfungsi sebagai pegas.5936kopling-gt--(2).jpg
“Meski pelat berfungsi seperti pegas itu sudah ditambah satu pelat lagi, tetap saja kagak pengaruh. Padahal, cara ini bisa berfungsi jika dilakukan di Suzuki Shogun 110,” ujar owner workshop bernama Schnell Motor Sport di Jl. Tubagus Angke No. 38, Jakarta Barat.
Maka itu, akhirnya diputuskan mengganti keseluruhan part kopling standar. Penggantinya, mangkuk kopling pakai Honda Supra (100 cc). Lalu, kaki empat atau tempat pelat kopling dan lawannya serta pelat gesek pakai Yamaha Jupiter MX 135. Kampas pakai Honda Supra atau Grand. “Gigi sekunder dan gigi primer tetap pakai punya Vega ZR,” aku Jimmy.
Pemasangannya, kuku rumah kopling terluar musti dibubut 6,5 mm. Sehingga, enggak mentok bak kopling. Diameter bos rumah kopling juga dibubut mengikuti diameter bushing gigi sekunder.
“Setelah bibir luar kaki empat dibubut, tempat dudukan kampas di magkuk kopling ikut diperdalam sekitar 2 mm. Sehingga kampas dan pelat gesek muat,” jelas pria 34 tahun yang bisa ditanya teknis di (021) 92972766.
Hilang deh selipnya! Tapi, jangan-jangan ini salah satu alasan kenapa Vega ZR masih jarang dipakai di balap kali ya? He..he... he... Oh ya, tips ini juga berlaku buat Yamaha Jupiter-Z 115 cc ya.
Seperti dialami Alvy Stanzah. “Awalnya, motor tidak mau lari di awal. Tapi setelah kopling diubah, kini sudah tidak begitu lagi,” ungkap pemilik Vega ZR 2009 dari Jl. Jembatan II, Sinar Budi, No. 14, Jakarta Barat.
Menurut Jimmy Hamdani yang mengubah kopling Vega ZR milik Alvy, itu karena kopling standar tak sanggup menyalurkan daya besar. Aslinya cuma pakai dua kampas kopling dan satu pelat gesek disertai pelat berfungsi sebagai pegas.5936kopling-gt--(2).jpg
“Meski pelat berfungsi seperti pegas itu sudah ditambah satu pelat lagi, tetap saja kagak pengaruh. Padahal, cara ini bisa berfungsi jika dilakukan di Suzuki Shogun 110,” ujar owner workshop bernama Schnell Motor Sport di Jl. Tubagus Angke No. 38, Jakarta Barat.
Maka itu, akhirnya diputuskan mengganti keseluruhan part kopling standar. Penggantinya, mangkuk kopling pakai Honda Supra (100 cc). Lalu, kaki empat atau tempat pelat kopling dan lawannya serta pelat gesek pakai Yamaha Jupiter MX 135. Kampas pakai Honda Supra atau Grand. “Gigi sekunder dan gigi primer tetap pakai punya Vega ZR,” aku Jimmy.
Pemasangannya, kuku rumah kopling terluar musti dibubut 6,5 mm. Sehingga, enggak mentok bak kopling. Diameter bos rumah kopling juga dibubut mengikuti diameter bushing gigi sekunder.
“Setelah bibir luar kaki empat dibubut, tempat dudukan kampas di magkuk kopling ikut diperdalam sekitar 2 mm. Sehingga kampas dan pelat gesek muat,” jelas pria 34 tahun yang bisa ditanya teknis di (021) 92972766.
Hilang deh selipnya! Tapi, jangan-jangan ini salah satu alasan kenapa Vega ZR masih jarang dipakai di balap kali ya? He..he... he... Oh ya, tips ini juga berlaku buat Yamaha Jupiter-Z 115 cc ya.
TErima kasih tipsnya. Motor saya lagi ada masalah dibagian kopling, entah udah saatnya ganti plat atau perlu stel ulang
BalasHapusgan saya sudah coba tapi suaranya kasar banget itu gimana gan.
BalasHapusgan saya sudah coba tapi suaranya kasar banget.itu gimana gan.kasih sarannya yah
BalasHapusPunyaa sayaah gaan belum di apa apain selebih nyaa pengen lebih enal tapi biaya ga boros gimana gan ? Bales
BalasHapusPunyaa sayaah gaan belum di apa apain selebih nyaa pengen lebih enal tapi biaya ga boros gimana gan ? Bales
BalasHapusGan,,, tolong jelasin juga, kelebihan & kekurangannya...
BalasHapussoalnya motor saya emang lemah dibagian kopling...
masak, tiap 1 race mesti ganti kanpas kopling..
lumayan ribet khan...!!!
tolong jelasdin ya gan...
tks...
Apa saja yang kudu d beli gan
BalasHapusKalo gak mau boros, buang oli dalam bak mesin separoh , ringan tu lari motor n biaya gak boros
BalasHapusUdah ganti 1 set tapi... Pas masukin gigi satu suka loncat padahal belum dilepas kuplingnya kira2 kenapa ya. Beles ya. Tq
BalasHapusUntuk karet kopling ny pake apa gan??
BalasHapusUntuk karet kopling ny pake apa om..
BalasHapusPunya saya zr 2010 sdh kepasang bak kopling TDR .hous kampas kopling cocoknya pake apa gan mint tolng solusinya gan
BalasHapusUntuk biaya pembelian part rumkopnya sama kaki4 dan per kopling habis berapa ya bos? Dan total rincian abis bubutnya,, hehehe maaf masih pemula di vega Zr. Motor sy udh kop manual tapi hous masih bawaan pabrik.
BalasHapusMas saya minta wa nya samean mas atau ini saya kasih wa saya 081556456702 soal nya saya mau tanya2 nih soal masalah kuku rumah kopling terluar itu mas itu harus di bubut ya mas
BalasHapusBerapa mili kalo bubut rumahan kampas kopling yg kena gigi primer sekunder
BalasHapusBerapa mili kalo bubut rumahan kampas kopling yg kena gigi primer sekunder
BalasHapus