Rawat Karet di Lubang Tangki, Cegah Bensin Luber

Motor bebek dan skubek rakitan sekarang dilengkapi karet pelindung tangki. Bahan kenyal penyekat bensin di balik tutup tangki ini ada di Yamaha Nouvo, Suzuki New Smash atau Yamaha New Vega R, menyelimuti area atas tangki. Apa ya fungsinya?

Menurut pabrikan yang menerapkan peranti ini, karet tersebut berfungsi sebagai protektor jika bensin terlalu penuh hingga luber keluar. Maka adanya karet pelindung, sisa BBM diarahkan ke sisi bodi motor paling aman.

Arahnya bisa ke kanan atau ke kiri tergantung desain motor. Apalagi desain kabel kelistrikan pada tungangan berbeda pula. Yang penting sisa aliran besin tidak bikin hubungan arus pendek alias korslet. Belum lagi kalau sampai menetes ke knalpot, jadi aman dari bahaya kebakaran.

Soal bentuk karet protektor tangki memang beragam. Di New Vega R relatif kecil dengan ‘got’ menuju kiri, sedang di Suzuki New Smash dan Nouvo tampil lebar hingga hampir menutupi permukaan tangki. Malahan di Honda Vario bukan cuma didesain lebar, tapi juga dilengkapi slang pembuangan ke kiri.

Cuma kenapa juga bensin yang tumpah langsung dibuang. Padahal kan cuma dikit dan cepat menguap. Pastinya, selain tetap menjaga kebersihan permukaan tangki dari bercak sisa BBM, juga jauh dari resiko korslet. Jadi, kalau bisa tetap jaga kondisi di seputar tutup tangki. (motorplus-online.com)
Penulis : KR15 | Teks Editor : KR15 | Foto : Herry Axl

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...