Tips Agar Rantai Motor Awet.

Rantai merupakan salah satu komponen motor yang paling vital. Butuh perawatan yang benar agar rantai motor bisa awet, tidak lepas dari gear atau putus di jalan. Sebab kedua hal tersebut sangat membahayakan baik itu anda sendiri maupun pengendara lain.
Tips Agar Rantai Motor Awet.

Tips Agar Rantai Motor Bisa Awet

1.      Periksa kondisi rantai secara rutin
Periksa kondisi rantai apakah kendur atau tidak, lakukanlah penyetelan dengan mengendurkan baut swing arm dan menyetel rantai dengan jarak antara 8 - 11 mm. Jika tidak bisa melakukannya sendiri, anda bisa membawa motor ke anda ke bengkel resmi.

2.      Check kondisi penutup rantai
Perhatikan kondisi penutup rantai apakah kondisinya terpasang dengan baik, sebab apabila kondisi penutup rantai yang tidak terpasang dengan baik, disamping membahayakan dapat juga menyebabkan suara berisik gesekan antara rantai dan penutup.

3.      Gunakan pelumasan rantai
Beberapa pengguna motor merasa malas untuk melumasi rantai motor dengan pelumas. Padahal rantai butuh pelumas untuk mencegah karat. Karena berkarat, rantai motor dapat menimbulkan suara berisik motor jalan. Salah satu cara untuk melumasi rantai motor dengan pelumas, jangan dengan oli bekas sebab oli bekas membuat rantai cepat muai sehingga cepat kendor.

4.      Bersihkan rantai dan gear secara berkala
Bersihkan rantai dan gear secara berkala. Bisa menggunakan cairan khusus, minyak tanah atau bensin. Bersihkan rantai dengan menggunakan bensin dan kuas, begitu juga dengan gearnya biarkan kering sebentar. Lalu berikan pelumas.

5.      Pengencangan rantai 1 bulan sekali
Mata gir akan tergerus jika motor berjalan. Kondisi ini membuat rantai kendur bahkan mudah lepas. Sialnya rantai bisa terjepit akibat kendur bahkan rantai bisa putus. Idealnya jarak kelenturan rantai sekitar 1 cm. Jangan terlalu tegang. Lakukan pengencangan 1 bulan sekali untuk menghindari rantai tergelincir dari gir.

6.      Maksimal potong rantai 1 kali
Cara yang paling ideal untuk menghilang rantai kendur adalah memotong satu mata rantai. Langkah ini boleh saja, namun sebaiknya jangan potong rantai sampai 2 kali. Karena akan membuat gerakan rantai tidak maksimal. Soalnya ukuran jarak antara gir depan dan belakang sudah disesuaikan oleh pabrikan motor.

7.      Gunakan gear dan rantai original
Gunakanlah gear dan rantai original alias bawaan dari vendor motor. Biasanya dijual dalam satu paket. Ganti sekaligus, jangan rantai atau gearnya saja.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...