Tips Cara Merawat Motor Matik

Tips Cara Merawat Motor Matik
Beat Jatim – Punya motor matic di rumah ?? simak tips berikut biar mesin matic anda awet. Motor matic memang butuh perawatan yang khusus. Apalagi sekarang motor matic rata-rata sudah mengaplikasikan teknologi injeksi. Semua jenis motor matic membutuhkan perawatan extra serta rutin sekali, agar kondisi motor saat kita sering berkendara bisa bekerja maximal dan tidak rewel.
Berikut kami berikan tips merawat motor matic :
  1. Disarankan sebelum pergi mengendarai motor matik panaskan dahulu mesinnya, sekitar 1 sampai 5 menit, waktu sebentar itu sudah cukup untuk memanaskan mesin.
  2. Pada saat mengendarai motor, pengendara jangan sering mengubah kecepatan laju motor, asalnya cepat tiba-tiba mengerem atau sebaliknya. Alasannya cara seperti ini bisa mempendek usia mesin.
  3. Selalu cek kondisi tanki bensin, jangan membiarkan kondisi tangki bensin dalam keadaan kosong. Mengisi bensin tak perlu menunggu bensin hingga jarum menunjuk arah huruf  E atau Empty.
  4. Mengganti oli transmisi motor maksimal setiap 5 ribu km dan oli mesin secara berkala setiap 1000 km.
  5. Selalu periksa kondisi busi dan aki. Sebab, kedua perangkat tersebut membuat motor matik bertenaga dan melaju kencang. Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi gantilah dengan yang baru dan orisinal di bengkel resmi.
  6. Perhatikan juga adalah memeriksa kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah tidak layak gantilah dengan yang baru dan orisinil.
  7. Selalu perhatikan ruang transmisi, di ruangan transmisi terdapat komponen yang rentan kotoran. Bersihkanlah ruang transmisi secara berkala setiap 4 ribu km.
  8. Motor matik biasanya menggunakan single shockbreaker, maka ganti oli shockbreaker maksimal setiap 10 ribu km.
Semoga tips merawat motor matic ini bermanfaat bagi anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...