Tips Merawat Mesin Motor

Tips Merawat Mesin Motor


Tips Merawat Mesin Motor merupakan hal yang sangat sepele akan tetapi banyak orang yang memiliki kendaraan terbiasa malas dan enggan merawat di karenakan sudah terbiasa menggunakan jasa dari teknisi untuk merawat kendaraan,sebenarnya jika kita sendiri akan mencoba merawat bisa saja di lakukan berikut ini Tips Merawat Mesin Motor agar mesin motor kendaraan anda awet dan tidak mudah mogok.
- Pertama yang harus di lakukan rutinlah mengganti Oli mesin setiap 2000 km agar kondisi pelumas di mesin anda tetap terjamin kualitasnya dan tetap melindungi komponen mesin,akan membuat aman mesin itu sendiri juga terhindar dari aus salah satu komponen mesin,untuk hal ini bisa di lakukan karena sangat mudah tinggal keluarkan Oli yang lama dari mesin dan di ganti dengan Oli yang baru.
- Rutinlah membersih kan komponen Carburetor setiap 2 bulan sekali agar kotoran atau kerak yang ada di mesin Carburator bersih dan akan memperlancardaya kerja mesin,untuk hal ini perlu sedikit tau untuk merakit kembali Carburetor nya sebelum anda mencoba untuk membongkarnya.
- Pergunakan pelumas pengapian yang sudah di berikan kusus dari merek kendaraan pabrikan untuk membersihkan kotoran di pengapian busi juga memperlancar daya pengapian kendaraan,untuk hal yang ini sangat mudah lepas busi dari mesin dan masukkan pelumas yang sudah di siapkan ke lobang busi diamkan beberapa menit,kemudian lakukan pergerakan mesin melalui tuas manual kira kira 8 kali kemudian di nyalakan motor dengan tuas manual dan lakukan gas motor berkali-kali untuk mengeluarkan kotoran dari mesin.
- Biasakan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh maupun jarak pendek panaskan terlebih dahulu mesin kendaraan selama kurang lebih 5 menit untuk memberikan pemanasan pada mesin dan juga menghindari mesin mogok di perjalanan.
Dalam empat hal merawat mesin kendaraan bermotor di atas ini merupakan cara yang sangat mudah dan bisa di lakukan sendiri tidak perlu repot-repot mempergunakan tenaga teknisi di samping mengurangi dana juga memberikan ilmu pada diri kita agar lebih mengenal kondisi kendaraan yang akan kita pergunakan.
Demikian sedikit Tips Merawat Mesin Motor agar mesin awet dan lancar saat di pergunakan semoga bermanfaat dan selamat mencoba jangan takut gagal sebelum mencoba sukses selalu.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...