CARA BIKIN KOPLING MANUAL VEGA ZR

Bikin Kopling Manual Di Vega ZR, Tarikan Makin Responsif


-SUMBER OTOMOTIFNET.COM 
Banyak pemilik Yamaha Vega ZR yang pengin besutannya kian responsif. Caranya, mengubah sistem transmisi otomatis jadi manual (kopling manual). Cuma masalahnya, kuda besi itu menganut teknologi diagfragma. Selain agak ribet bikinnya, juga sering selip.

Apalagi di pasaran juga belum ada kit atau spare-part pendukungnya. Maklum, motor itu terbilang baru! Eh, tapi tenang, hasil penelusuran kami, sudah ada nih yang bisa bikin.

Pertama, sebelum memulai kerja, siapkan dulu, perkakas: obeng kembang, T-8, T-12, ring 10, ring 12 dan ring 21. Oh ya, saat nanti membuka bak kopling, jangan sampai pakingnya rusak. Karena harganya cukup mahal, sekitar Rp 32 ribu.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3
Sekarang, mulai buka bak kopling. Tapi sebelumnya siapkan wadah untuk menampung olinya. Sementara itu, buka juga footstep dan kick starter, gunakan kunci ring 10 dan 12. Ini untuk memudahkan pekerjaan.

Jika sudah beres, gunakan kunci T-8 buat melepas baut pengunci bak kopling dari asalnya (gbr.1). Setelah copot, bawa bak kopling ke tempat Nana Sudjana pakar di bidang las aluminium di kawasan Asem Reges, Jakpus.

“Gampang kok, memodif bak koplingnya. Selain itu untuk pemakaian harian tak perlu dilas-las lagi pada bagian rumah otomatisnya, ongkosnya juga cukup Rp 400 ribu,” urai Nana yang piawai ngelas aluminium sejak 1990.

Masih ujar Nana, “Terpenting, konstruksi jalur tali koplingnya jangan dibuat tidur. Kalo dibuat rebah pasti gak ada tendangan baliknya dan ujung-ujungnya selip kopling karena konstruksi yang salah. Lalu untuk dudukan aluminiumnya, jangan terlalu besar karena posisi dalam bak yang sempit.

Nah biar si bak kopling bisa duduk manis di tempatnya ada lagi triknya. “Bos pada rumah kopling otomatisnya harus dimodifikasi, digerinda sekitar 1 mm (gbr.2), agar kopling gak selip, apalagi kalau mau kembali ke semula gak repot tinggal tebus kembali bos yang digerinda itu,” tambah Muhammad Amin dari SAM Motor di daerah Pal Batu, Menteng Atas, Jakpus.

Selain itu, “Biar tambah yahud bak kopling yang kena api las dicat ulang sewarna aslinya. Selain itu kampas kopling orisinalnya diganti punya Jupiter MX (gbr.3) harga per lembarnya Rp 70 ribuan. Seb

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...