Ngetest Dan Nyoba Kekuatan Diasyl Silinder dan Forged Piston ala Anak Jalanan..!!
Halo-halo mas bro :D , weiiits baca judul artikel ini kok mirip-mirip kayak artikelnya om Triatmono ya :roll: pake ala anak jalanan segala :roll: :D lha habis mau gimana lagi mas bro ane juga bingung mau ngasih judul apaan lha wong emang kenyataannya gitu e :) .Jadi maksud e gini bro beberapa hari yang lalu ada seekor Mio J dateng ke bengkel tempat ane dalam keadaan mogok :roll: , Weehh motor baru kok mogok :?: pasti produk cacat tuh :?: atau produk gak berkualitas tuh :?: eittss tunggu dulu mas bro tak lanjutin dulu ceritanya :D
Memang Mio J ini usia nya baru 5 bulan tapi pas liat odometernya sudah hampir 20ribu km :shock: (habis dipake keliling Indonesia nih kayaknya :lol: ), 5 bulan = 20ribu km berarti tiap bulannya rata-rata menempuh 4ribu km :roll: (cukup sadis) , Lha mogoknya kenapa :?: nah itu pas dicek sana-sini-situ ternyata yang bikin mogok itu gara-gara kompresinya hilang blasss :roll: gejalanya kayak klep bengkok, nah untuk lebih pastinya lebih baik dibongkar az :D
Nah pas bongkar bagian silinder head kok warnanya udah item n gosong banget ya :?: wah ada yang gak ‘beres’ nih jangan-jangan nih motor gak ada olinya :twisted: , pas di buka baut tap oli mak cessss oli yang keluar berwarna item pekat n jumlahnya paling sekitar 70ml doang :shock: (sadis) , coba dikonfirmasi ke empunya motor kapan terakhir ganti oli , dengan enteng dia jawab 2 bulan lalu :shock: , 5bulan=20ribu km , jadi rata-rata 1 bulan nempuh 4000km dan kalo 2 bulan gak ganti oli berarti 8000km gak ganti oli, atau dengan kata lain oli nya ‘dihajar’ sampe 8ribu km padahal kalo menurut aturan standart nya oli mesin diganti maksimal tiap 2ribu km, 8ribu km seharusnya sudah ganti 4x ini malah belum ganti sama sekali (sadis) . Kejadian ini mirip kejadian Mio Soul yang ada disini.
Gimana isi daleman mesin si Mio J setelah di’hajar’ tanpa oli, silahkan di cekibroot :P :
keraknya udah numpuk :roll:
Motor baru 5 bulan keraknya udah kayak motor usia 2 tahun :roll: , hitam dan kering .
kondisi silinder head sampe gosong :roll:
Gosong mas bro :roll:
kondisi noken as dan teman-temannya :roll:
Noken As dan teman-temannya juga ikut gosong :roll:
kondisi ring piston rusak tapi dinding piston masih mulus
Nah ini biang mogoknya mas bro, ternyata hilangnya tekanan kompresi bukan disebabkan oleh batang katup yang bengkok karena pas di bongkar kondisi katup masih baik-baik saja, melainkan penyebabnya adalah ring piston yang rusak, lihat az gambar diatas, ring pistonnya lengket atau kalo bahasa Jerman nya itu ceket/kantil sama piston gak bisa mekar lagi layaknya ring piston yang masih normal, pantes az kompresinya hilang :roll: tapi yang bikin ane herman eh heran adalah kondisi pistonnya mas bro, liat az tuh dinding pistonnya baik-baik az gak baret blass :D , trus kondisi silinder a.k.a boring nya gimana :?: Sama az mas bro gak beda sama pistonnya, kondisi silinder a.k.a boring a.k.a tempat naik turunnya piston yang diberi nama diasyl silinder ini juga masih mulus mas bro , gak percaya :?: silahkan di cekibroot gambar di bawah :D :arrow:
kondisi permukaan silinder masih mulus gan :)
Gimana masih mulus kan :?: :D sesuatu hal yang ‘ajaib’ kalo melihat kondisi ring piston yang sudah rusak seperti itu ditambah sirkulasi oli sebagai pelumasan yang nyaris nggak ada sama sekali tapi silindernya masih mulus :D .
Lha terus yang diganti apa az di Mio J ini biar kembali normal lagi :?:
Yang jelas ganti piston beserta ring pistonnya, piston Mio J seharga 125ribu (lumayan mahal juga ya :roll: ) dan ring pistonnya seharga 67ribu az ,trus seal klep sepasang seharga 40ribu (mumpung dibongkar sekalian di skir klepnya mas bro :D ) , sebenernya c ganti ring piston az dah cukup karena kondisi piston yang lama masih Ok tapi karena ring piston yang lama sudah kadung menempel dan merekat kuat di piston dan gak bisa dilepaskan yo wes sekalian az beli piston baru dari pada susah-susah :P , wes gitu tok mas bro setelah semua part-part pengganti itu dirangkai kembali ke motornya ,isi oli mesin yang baru langsung pencet tombol starter langsung jreeennnggg… hidup normal lagi motor e :D
Gimana mas bro sampeyan tertarik buat mencoba mengetest ‘ala anak jalanan’ juga :?: Silahkan az deh, tapi resiko ditanggung sendiri ya :?: :mrgreen: :lol:
Jadi intinya sehebat apapun teknologi mesin motornya kalo dipake tok tapi nggak dirawat terutama oli mesinnya gak pernah di ganti ya sama az bo’ong :P , cuman bedanya kalo pake yang mesinnya ‘canggih’ yang rusak itu cuman dikit :P :D
Yo wes lah sekian dulu curhatan ane kali ini, mohon maaf kalo ada kata-kata yang salah dan kurang berkenan. Silahkan dikomentari :D
Oh iya biar mata nggak sepet liat silinder head yang gosong mending liat senyum manisnya nona Veranda az ya :oops: :mrgreen:
Memang Mio J ini usia nya baru 5 bulan tapi pas liat odometernya sudah hampir 20ribu km :shock: (habis dipake keliling Indonesia nih kayaknya :lol: ), 5 bulan = 20ribu km berarti tiap bulannya rata-rata menempuh 4ribu km :roll: (cukup sadis) , Lha mogoknya kenapa :?: nah itu pas dicek sana-sini-situ ternyata yang bikin mogok itu gara-gara kompresinya hilang blasss :roll: gejalanya kayak klep bengkok, nah untuk lebih pastinya lebih baik dibongkar az :D
Nah pas bongkar bagian silinder head kok warnanya udah item n gosong banget ya :?: wah ada yang gak ‘beres’ nih jangan-jangan nih motor gak ada olinya :twisted: , pas di buka baut tap oli mak cessss oli yang keluar berwarna item pekat n jumlahnya paling sekitar 70ml doang :shock: (sadis) , coba dikonfirmasi ke empunya motor kapan terakhir ganti oli , dengan enteng dia jawab 2 bulan lalu :shock: , 5bulan=20ribu km , jadi rata-rata 1 bulan nempuh 4000km dan kalo 2 bulan gak ganti oli berarti 8000km gak ganti oli, atau dengan kata lain oli nya ‘dihajar’ sampe 8ribu km padahal kalo menurut aturan standart nya oli mesin diganti maksimal tiap 2ribu km, 8ribu km seharusnya sudah ganti 4x ini malah belum ganti sama sekali (sadis) . Kejadian ini mirip kejadian Mio Soul yang ada disini.
Gimana isi daleman mesin si Mio J setelah di’hajar’ tanpa oli, silahkan di cekibroot :P :
keraknya udah numpuk :roll:
Motor baru 5 bulan keraknya udah kayak motor usia 2 tahun :roll: , hitam dan kering .
kondisi silinder head sampe gosong :roll:
Gosong mas bro :roll:
kondisi noken as dan teman-temannya :roll:
Noken As dan teman-temannya juga ikut gosong :roll:
kondisi ring piston rusak tapi dinding piston masih mulus
Nah ini biang mogoknya mas bro, ternyata hilangnya tekanan kompresi bukan disebabkan oleh batang katup yang bengkok karena pas di bongkar kondisi katup masih baik-baik saja, melainkan penyebabnya adalah ring piston yang rusak, lihat az gambar diatas, ring pistonnya lengket atau kalo bahasa Jerman nya itu ceket/kantil sama piston gak bisa mekar lagi layaknya ring piston yang masih normal, pantes az kompresinya hilang :roll: tapi yang bikin ane herman eh heran adalah kondisi pistonnya mas bro, liat az tuh dinding pistonnya baik-baik az gak baret blass :D , trus kondisi silinder a.k.a boring nya gimana :?: Sama az mas bro gak beda sama pistonnya, kondisi silinder a.k.a boring a.k.a tempat naik turunnya piston yang diberi nama diasyl silinder ini juga masih mulus mas bro , gak percaya :?: silahkan di cekibroot gambar di bawah :D :arrow:
kondisi permukaan silinder masih mulus gan :)
Gimana masih mulus kan :?: :D sesuatu hal yang ‘ajaib’ kalo melihat kondisi ring piston yang sudah rusak seperti itu ditambah sirkulasi oli sebagai pelumasan yang nyaris nggak ada sama sekali tapi silindernya masih mulus :D .
Lha terus yang diganti apa az di Mio J ini biar kembali normal lagi :?:
Yang jelas ganti piston beserta ring pistonnya, piston Mio J seharga 125ribu (lumayan mahal juga ya :roll: ) dan ring pistonnya seharga 67ribu az ,trus seal klep sepasang seharga 40ribu (mumpung dibongkar sekalian di skir klepnya mas bro :D ) , sebenernya c ganti ring piston az dah cukup karena kondisi piston yang lama masih Ok tapi karena ring piston yang lama sudah kadung menempel dan merekat kuat di piston dan gak bisa dilepaskan yo wes sekalian az beli piston baru dari pada susah-susah :P , wes gitu tok mas bro setelah semua part-part pengganti itu dirangkai kembali ke motornya ,isi oli mesin yang baru langsung pencet tombol starter langsung jreeennnggg… hidup normal lagi motor e :D
Gimana mas bro sampeyan tertarik buat mencoba mengetest ‘ala anak jalanan’ juga :?: Silahkan az deh, tapi resiko ditanggung sendiri ya :?: :mrgreen: :lol:
Jadi intinya sehebat apapun teknologi mesin motornya kalo dipake tok tapi nggak dirawat terutama oli mesinnya gak pernah di ganti ya sama az bo’ong :P , cuman bedanya kalo pake yang mesinnya ‘canggih’ yang rusak itu cuman dikit :P :D
Yo wes lah sekian dulu curhatan ane kali ini, mohon maaf kalo ada kata-kata yang salah dan kurang berkenan. Silahkan dikomentari :D
Oh iya biar mata nggak sepet liat silinder head yang gosong mending liat senyum manisnya nona Veranda az ya :oops: :mrgreen:
0 komentar:
Posting Komentar