Up Grade Motor Karburator Ke Injeksi
Hai.. shobatt pencinta modifikasi, nih ane punya info tentang Up Grade Motor Dari Karburator Ke Injeksi Cara Gampang? Tidak bisa dipungkiri bahwa sistem injeksi pada sepeda motor
sedang booming di marih khususnya, diluar negeri umumnya.
Sistem injeksi merupakan sebuah keharusan untuk motor jika ingin
lolos aturan emisi gas buang Euro4 secara mudah. Bebrbedadengan sistem
karburator sekarang yang mengandalkan catalytc conventer yang sangat
dominan, sedangkan bahan catcon adalah sangat mahal. Dilain sisi
pengembangan karburator yang mandeg, serta lebih mudahnya pengembangan
dengan sistem injeksi, pengembangan secara digital.
Namun di lain sisi sistem injeksi part atau hardware, atau
printilannya jauh lebih rumit dibandingkan karburator. Sistem injeksi
membutuhkan part pelampung dan pompa bensin yang integrated, ECU,
Sensor, injector dan lain lain. Hal inilah yang membuat hambatan untuk
produsen motor kelas menengah kebawah seperti di negara India, china dan
lain-lain. Namun sekarang sudah ada sistem injeksi yang sangat
sederhana dan murah untuk pabrikan-pabrikan tersebut, atau untuk para
modifikator yang ingin merubah motornya yang awalnya menggunakan sistem
karburator diganti menggunakan sistem injeksi.
Perusahaan global da ri Jepang,Denso telah mengembangkan sistem
injeksi bahan bakar elektronik baru untuk sepeda motor ber-cc kecil
(200cc kebawah) yang disebut DIET-FI – singkatan dari ‘DENSO Intelligent
Economical Technology-Fuel Injection’ – yang bertujuan untuk memenuhi
permintaan untuk fitment pada sepeda motor yang lebih kecil di pasar
negara berkembang.
Menurut pihak Denso, DIET-FI adalah sistem injeksi bahan bakar
pertama di dunia yang tidak menggunakan throttle position sensor atau
sensor suhu mesin. Sebaliknya, menggunakan teknologi kontrol baru
dikembangkan yang menjamin keiritan bahan bakar yang sama dan kinerja
ramah lingkungan layaknya sistem injeksi bahan bakar konvensional,
sehingga memotong cost produksi.
DIET-FI memiliki lima komponen lebih sedikit daripada sistem
konvensional, dan tanpa sensor posisi throttle, asupan sensor suhu
udara, sensor suhu mesin dan ISC. Teknologi ‘Kompensasi’ meliputi suhu
estimasi control yang terintegrasi thermistor menjadi sebuah unit
kontrol elektronik, dan kontrol bahan bakar untuk menentukan akselerasi /
deselerasi menggunakan sensor tekanan pipa udara masuk.
Nah…. untuk yang ingin merubah motornya menjadi injeksi silahkan beli
tuh 1 paket injeksi dari denso… siapa tahu boleh ngeteng bijian….. :D .
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum
Sumber : http://78deka.com
Sumber : http://78deka.com
Bagaimana cara mendapatkan diet fi denso ini dan berapa harga satu setnya...
BalasHapusWah menarik, di Jakarta bisa didapatkan dimana ya bro?
BalasHapus