KARBURATOR

KARBURATOR       
Karburator adalah komponen vital pada  kendaraan anda. Karburator memiliki fungsi penting pada mesin. Karburator memiliki fungsi yaitu mencampur campuran bahan bakar dan udara yang di buat embun yang dimasukan ke ruang pembakaran yang melewati manifold dan katup hisab.
       Karburator dapat diperbesar agar putaran mesin lebih liar yaitu dengan cara "Mereamer" lubangnya venturinya dengan menggunakan bor dengan ujung mata tuner yang disesuaikan   dengan lubang si karburator itu sendiri.
       Karburator karburator yang sering digunakan dalam ajang balap adalah yang memiliki lubang venturi yang besar dan memiliki spesifikasi yang unggul. Menurut saya Karburator yang sesuai dengan mesin motor balap adalah :
  1.  NSR Sp atau karburator PE 28 mm 
          Keunggulan karburator ini adalah pada lubang venturinya, karena memiliki lubang yang cukup besar dan dalam settingan karburator ini mudah dan bisa diatur besar kecilnya spuyer dengan mengganti spuyer dengan spuyer karburator Honda GL Pro atau Honda Tiger dirasa lebih enak daripada spuyer asli PE. Karburator jenis ini paling banyak digunakan pada motor-motor balap kelas bebek. Harga karburator ini sekitaran : NSR SP 1 jutaan asli jepang, PE Thailand 450 ribuan, PE TDR 750-800 ribuan. Hati-hati barang china.

     2. KOSO 24-28 mm
           Karburator buatan CHINA ini memiliki lubang venturi seperti karburator reamer, jadi karburator ini memiliki presisi yang cukup besar untuk motor dari putaran mesin dari bawah keatas dengan cepat dan nafas motor dirasa cukup panjang. Harga karburator ini sekitaran 500-800 ribu, cukup murah sih. Karburator ini mempunyai settingan cukup susah, karena kalau disetel irit tatapi masih boros bensin.

     3. Keihin PWK 24-28 mm
           Karburator asli JAPAN punya ini mempunyai bentuk dan ukuran sama (plek ketiplek) dengan KOSO tetapi mempunyai finishing yang bagus dari pengerjaannya, jelas buatan JAPAN apa sih yang nggak bagus.  Karburator ini banyak digunakan dalam motor drag atau motor cross. Tetapi menurut saya harga karburator ini di INDOESIA memiliki harga yang cukup selangit sekitar 1,4-1,7 juta "WOW" cukup mahal.
Dikarenakan karburator ini asli MADE IN JAPAN tetapi hasil yang diperoleh juga seimbang dari harganya.

      4. MIKUNI TM(kotak) 24-34mm
            Karburator JAPAN punya ini mempunyai model dan bentuk yang berbeda dari karburator lain, dikarenakan mempunyai piston karbu atau skep kotak dengan warna hitam. Mempunyai settingan cukup mudah, bensin cukup irit. Karburator ini dipasaran mempunyai harga dari yang termurah  24mm seharga 1 jutaan dan yang paling mahal yaitu ukuran 34mm seharga 3,2 juta "Widih" bisa langsung kere tuh. Karburator segede gajah itu banyak dipakai motor drag 2 tak yang memiliki power besar, agar bisa mengimbangi gedenya karbu tadi.

     5. KEIHIN PJ 34mm
            Kerburator gajah jenis ini adalah karburator terbaik untuk motor 2 tak bore up karena pada ukuran lubang venturinya sangat besar dan memiliki skep kotak jadi untuk presisinya sangat oke untuk motor 2 tak bore up. Untuk harganya sih dipasaran kisaran 1,4-1,5 jutaan MADE In JAPAN. Karburator jenis ini jarang di indonesia karena buat belinya di toko-toko tertentu.

BAGIAN-BAGIAN ATAU KOMPONEN KARBURATOR

1. Main jet (spuyer gas)
    Main jet terdapat didalam mangkuk bawah yang berfungsi untuk asupan bensin pada waktu putaran tinggi. Main jet dapat diperbesar dengan cara, 1. Cari olor gas pilih satu yang kecil, 2. masukan Main jet ke olor tadi, 3. gesek-gesekan dengan sepenuh tenaga hingga sesuai ukuran yang di inginkan.
2. Pilot jet (spuyer angin-angin)
   Pilot jet terdapat disamping main jet. Pilot jet berfungsi pada saat putaran mesin motor rendah atau stasioner. Lubang kecil pada belakang skep itulah lubang yang menghubunkan anatara pilot jet dengan bensin jadi pada saat skep munutup mesin medapat asupan bensin dari pilot jet.
3. Skep (piston karbu)
    Skep berfungsi mebuka menutup lubang pada karburator. Cara kerja skep sangat simpel aitu naik dan turun, jika skep membuka maka campuran bahan bakar dan udara akan masuk keruang pembakaran dan membuat putaran mesin menjadi tinggi dan melakukan pekerjaannya, sebaliknya jika skep menutup puutaran mesin menjadi rendah
4. Jarum Skep
   Jarum skep berfungsi untuk banyak sedikitnya bensin yang masuk ruang pembakaran. Jarum skep berada pada bagian tengah skep, jika posisi skep menutup jarum skep juga menutup lubang main jet sehingga ruang pembakaran tidak terlalu banyak bensin, dan ruang pembakaran hanya menerima bensin dari pilot jet saja. Jarum skep dapat diatur untuk mendapatkan setelan yang pas dengan cara memindahkan kancing kecil yang ada di jarum skep. Jika kancing berada pada atas menandakan bensin untuk ruang pembakaran irit atau tidak terlalu boros.
5. Ventilator
    Ventilator berfungsi untuk membuka dan menutup lubang kandungan bensin. Ventilator berkerja dengan bantuan apung-apung jika mangkuk terisi bensin, apung-apung akan mengapung ke atas sehingga ventilator dapat menutup lubang tempat masuknya  bensin ke karbu.
6. Apung-apung
    Apung-apung berfungsi sebagai pembantu ventilator menutup dan membuka tempat masuknya bensin ke karbu. KARBU BANJIR mesti banyak diantara kalianpasti memngalami ini, motor sulit dihidupkan dan bensin keluar dari saluran pembuangan. Saya akan memberi tips memperbaiki karbu banjir :
  1. Copot filter
  2. Copot saluran bensin dan olor gas
  3. Copot dua baut ukuran 10-an
  4. Buka mangkuk karbu dengan melepas baut kecil dengan obeng
  5. Copot apung-apung 
  6. Bagian yang penting, setellah nozzel atau lidah apung-apung dengan menekuk sedikit demi sedikit.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...