Spesifikasi Yamaha NMAX

Persaingan pasar otomotif dalam segmentasi motor skuter matik kelas 150 cc paling premium sekarang sedang dikuasai oleh produsen motor asal negeri Sakura yang memiliki lambang kebanggaan sayap mengepak dengan produk andalannya yakni Honda PCX 150. Tetapi fakta tersebut tidak mampu membuat Honda tenang dan melenggang sendirian. Tidak mau tinggal diam mengamati dominasi Honda maka Yamaha yang merupakan produsen motor satu negara dengan Honda menciptakan skuter matik premium kelas 150 cc terbaru yang diberi nama Yamaha NMAX. Peluncuran skuter matik Yamaha terbaru ini sudah dilaksanakan pada 23 Januari 2015 lalu. Sedangkan untuk perilisan Yamaha NMAX secara resmi oleh YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) akan dilaksanakan pada bulan Februari 2015 mendatang. Nah apakah keunggulan dari Yamaha NMAX dibandingkan produk skutik premium rivalnya tersebut? Simak ulasannya berikut ini ya bro dan sis.
yamaha nmax
Perlu bro dan sis ketahui bahwa Yamaha NMAX terbaru ini adalah produk global kedua yang diciptakan oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) setelah Yamaha YZF R25. Berbeda dengan produk rival yang merupakan produk CBU (Completely Build Unit) asal Vietnam membuat skutik Honda tersebut memiliki harga yang sangat tinggi. Sedangkan Yamaha NMAX membawa beberapa fitur yang lebih canggih seperti Blue Core, ABS (Anti-Lock Brake System) dan VVA (Variable Valve Actuation). Meskipun memiliki fitur yang melimpah tak membuat harga skutik Yamaha berada pada kisaran yang tinggi karena produk skutik premium ini diciptakan di Indonesia langsung. Bahkan sesuai informasi yang beredar harga dari Yamaha NMAX akan jauh lebih murah dibandingkan PCX 150. Nah apakah yang membuat digdaya produk skuter matik premium terbaru dari Yamaha ini? Simak ulasan lengkap mengenai Yamaha NMAX pada segmen-segmen di bawah ini.
motor yamaha nmax

Spesifikasi Yamaha NMAX

Desain Skutik Premium Modern Full Sporty
Tidak berlebihan ya bro dan sis, apabila Mas Sena memberikan sub judul tersebut untuk motor Yamaha ini. Jika kita perhatikan dengan seksama desain yang dianut pada spesifikasi Yamaha NMAX  ini tampak mirip sekali dengan produk skutik premium global Yamaha yakni Yamaha NMAX dan Yamaha Majesty. Mulai dari tampak samping skutik premium terbaru dari Yamaha ini sangat terlihat modern, sporty dan mewah. Dengan memiliki beberapa bagian yang terlihat tidak menyatu karena memiliki warna yang berbeda pada sisi bodi samping dengan bodi samping bagian bawah membuat Yamaha NMAX ini tampak futuristik dan modern. Sebuah emblem NMAX pada bagian bodi samping bagian belakang akan memberikan identitas bahwa skutik ini memiliki performa yang maksimal. Lalu pada bagian depan skutik ini yang memiliki desain fairing khas skutik moge membuat Yamaha NMAX tampak gagah.
Apalagi pada visor bagian depan yang berukuran besar pada spesifikasi Yamaha NMAX semakin menambah aura full sporty pada skutik premium Yamaha terbaru ini. Sedangkan pada joknya memiliki ukuran yang sangat luas dan empuk akan memberikan kenyamanan berkendara saat berada di atas Yamaha NMAX ini. Didukung dengan pijakan kaki bagian bawah yang dirancang seperti moge semacam HD (Harley Davidson) membuat pengendara sangat betah dan sangat nyaman dalam melakukan perjalanan dengan Yamaha NMAX ini. Bahkan memiliki stang yang sepertinya berjenis Cruiser yang memiliki ketinggian pas semakin membuat nyaman pengendara dalam mengemudikan skutik premium yang gambot ini.
spesifikasi yamaha nmax
Desain Lampu yang Futuristik dan Modern
Selanjutnya untuk desain lampu pada spesifikasi Yamaha NMAX ini terlihat sangat futuristik dan modern pada semua sisinya. Mulai dari bagian depan yang memiliki desain headlamp berukuran besar yang terlihat seperti headlamp sport bike Kawasaki Ninja lawas membuat skutik ini semakin nampak menawan. Tetapi sayang sekali belum diketahui jenis lampu apa yang digunakan pada headlamp Yamaha NMAX, diperkirakan sudah menggunakan jenis LED sehingga akan memberikan pencahayaan yang terang dan maksimal pada saat berkendara di kondisi gelap atau malam hari. Turun ke bagian bawah terdapat 2 buah lampu sein yang menjadi satu dengan fairing samping membuat skutik premium ini semakin terlihat sporty dan futuristik. Lalu pindah ke bagian belakang dari Yamaha NMAX yang sangat besar khas skutik moge yang sporty dan menawan. Di bagian tersebut memiliki sebuah stoplamp dan sein yang menggabung menjadi satu menghasilkan pancaran sinar yang terang karena sudah menggunakan lampu LED sehingga akan memberikan tanda yang jelas bagi pengendara di belakang Yamaha NMAX untuk waspada dan berhati-hati.
Panel Spedometer Lengkap yang Modern
Beralih ke sektor spedometer dari spesifikasi Yamaha NMAX yang terdapat pada bagian depan stang/kemudi skutik ini. Memiliki bentuk spedometer yang tidak terlalu besar nampaknya membuat bagian depan dari skutik premium ini kurang proporsional. Tetapi kesan tersebut langsung dihilangkan karena Yamaha NMAX memiliki desain spedometer yang FULL LCD dengan beberapa panel yang lengkap dan berisi tombol fitur yang dapat diaktifkan sewaktu-waktu. Panel tersebut mulai dari penunjuk jam, indikator kecepatan, indikator trip meter, indikator bahan bakar, indikator lampu utama, indikator lampu sein dan indikator mesin. Dengan beberapa panel tersebut dirasa sudah cukup baik dalam mengetahui kondisi Yamaha NMAX pada saat digunakan.
spesifikasi motor yamaha nmax
Dimensi Besar Khas Skutik Moge yang Tangguh
Sedangkan untuk dimensi dari spesifikasi Yamaha NMAX terlihat lebih tangguh dan handal dibandingkan dengan Honda PCX 150. Memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan PCX 150 yaitu 1966 x 740 x 1115 mm nyatanya tak membuat motor matik ini menghasilkan bobot lebih besar karena hanya memiliki berat 127 kg. Dengan dimensi tersebut membuat Yamaha NMAX lebih mantap untuk dikendarai untuk perjalanan jarak jauh (Touring). Apalagi dengan bobot yang lebih ringan 3 kg dari PCX 150 membuat Yamaha NMAX semakin terasa responsif. Lalu untuk kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 6.8 liter dibandingkan dengan PCX yang hanya sanggup menampung 5.9 liter membuat motor Yamaha ini unggul dalam melakukan perjalanan jarak jauh. Karena dengan sekali pengisian tangki bahan bakar secara penuh Yamaha NMAX dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Sedangkan untuk kapasitas bagasinya dari motor matik Yamaha ini belum diketahui secara pasti. Diperkirakan dengan dimensi yang lebih besar pun Yamaha NMAX memberikan kapasitas bagasi yang lebih besar sehingga akan memberikan keleluasaan pengendara untuk menyimpan barang-barang dengan aman dan nyaman.
Kaki-Kaki Lebih Besar dan Tangguh
Sedangkan pada kaki-kakinya, spesifikasi Yamaha NMAX ini memiliki ukuran yang lebih gambot/besar dibandingkan dengan produk rivalnya tersebut. Mulai dari basis rangka yang digunakan Yamaha NMAX adalah jenis underbone dipastikan akan menghasilkan frame yang lebih ringan dibandingkan jenis backbone yang diusung PCX 150 sehingga akan memberikan performa yang stabil dan responsif. Lalu kaki-kaki yang memiliki ukuran lebih besar serta lebih lebar yaitu 110/70 pada bagian depan dan 130/70 dengan velg berukuran 13 inci membuat Yamaha NMAX ini lebih stabil dalam melaju di segala jenis lintasan. Namun ukuran velg yang agaknya sedikit ‘nyleneh’ karena berbeda dengan skutik pada umumnya yang berukuran 14 inci sepertinya akan membuat kesusahan pengguna dalam mengganti ban skutik premium ini. Sedangkan suspensi Yamaha NMAX pun juga lebih tangguh dibandingkan dengan produk rivalnya karena menggunakan jenis teleskopik pada bagian depan dan unit swing pada bagian belakang membuat skutik ini menghasilkan performa handling yang sangat mumpuni untuk bermanuver. Tidak hanya itu sektor pengereman yang ada pada spesifikasi Yamaha NMAX pun lebih unggul karena telah menggunakan jenis single disc brake pada kedua rodanya yang berbeda dengan PCX yang masih menggunakan tipe tromol pada bagian roda belakangnya. Apalagi dengan fitur pengereman kelas wahid yakni ABS semakin membuat Yamaha NMAX aman dan nyaman dalam melakukan pengereman mendadak sewaktu-waktu.
harga motor yamaha nmax
Dapur Pacu Lebih Powerfull dan Handal
Tidak henti-hentinya spesifikasi Yamaha NMAX ini memukul telak PCX 150. Pada ulasan kali ini Mas Sena akan mengulas dapur pacu dari Yamaha NMAX. Menggunakan mesin 4 Stroke (SOHC) dengan kubikasi sedikit lebih besar yaitu 155 cc dengan rasio kompresi pembakaran 10.5:1 membuat Yamaha NMAX menghasilkan tenaga yang lebih besar dari produk rivalnya tersebut. Mesin berkapasitas tersebut menyemburkan tenaga maksimal mencapai 14.8 Hp pada 8.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 14.4 Nm pada 6.000 RPM membuat Yamaha NMAX akan melesat lebih cepat karena PCX 150 hanya memiliki tenaga 13.1 Hp 8.500 RPM dengan torsi 13.1 Nm 5.500 RPM. Apalagi ditunjang dengan bobot yang lebih ringan 3 kg menghasilkan PWR (Power to Weight Ratio) yang lebih besar dan lebih unggul yaitu 0.0874 kW/Kg dibandingkan PCX 150 yang hanya nangkring di angka 0.0749 kW/Kg. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis berjenis V-Belt menghasilkan akselerasi yang maksimal. Dengan teknologi Blue Core terbaru andalan Yamaha pun membuat Yamaha NMAX semakin menghasilkan performa responsif dan hemat bahan bakar.
Fitur ABS Memberikan Kenyamanan Berkendara
Diketahui bahwa fitur-fitur yang terdapat pada spesifikasi Yamaha NMAX merupakan fitur canggih dan modern yang dimiliki oleh skutik premium ini di kelasnya. Pertama yaitu fitur pengereman kelas wahid yakni ABS (Anti-Lock Brake System) yang disematkan pada bagian rem depan dan belakang akan membuat pengendara Yamaha NMAX lebih terjamin keselamatannya jika melakukan pengereman mendadak sewaktu terjadi kejadian yang dapat mengakibatkan kecelakaan fatal. Fitur pengereman tersebut akan mencegah terjadinya ban terkunci pada saat melakukan pengereman mendadak sehingga akan meminimalisir terjadinya kecelakaan. Kedua adalah VVA(Variable Valve Actuation) yang merupakan hasil kerja sama dari sebuah produsen mobil asal Jepang yang begitu besar dan populer yaitu Toyota Motor Corporation. Teknologi pada spesifikasi Yamaha NMAX tersebut mirip dengan teknologi mesin VVT-i yang ditemukan pada sebagian besar mobil yang diciptakan, di mana dengan teknologi tersebut diklaim akan menghasilkan mesin yang semakin efisien, bertenaga, ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Apalagi fitur pada Yamaha NMAX tersebut dipadukan dengan teknologi Blue Core terbaru andalan Yamaha yang membuat berkendara semakin nyaman, aman dan asyik.
Selanjutnya spesifikasi Yamaha NMAX ini juga memiliki frame yang diklaim sangat ringan dan tangguh sehingga menghasilkan performa handling yang lebih responsif, sporty dan handal. Selain itu Yamaha NMAX  ini diklaim juga memiliki fitur spedometer yang lebih lengkap dan unggul karena memiliki fitur MID yang sangat berguna. Menggunakan velg berukuran 13 inci yang didesain khusus pun akan memberikan pengendalian Yamaha NMAX yang alami dan sporty. Gaya Nama NMAX yang unik juga bakal memberikan kesan moge skutik Yamaha yang memiliki DNA/Gen MAX Series, seperti Yamaha TMAX, Yamaha XMAX, Yamaha Majesty dan lain-lain. Sedangkan untuk fitur fungsional standar skuter matik lainnya masih belum diketahui secara jelas. Diperkirakan spesifikasi Yamaha NMAX ini memiliki fitur fungsional yang sama dengan matik-matik Yamaha di bawahnya. Bisa jadi Yamaha NMAX ini juga bakal memiliki fitur fungsional yang lebih modern dan canggih untuk menantang PCX 150.
Spesifikasi Yamaha NMAX
Mesin
Tipe Mesin : Liquid cooled 4 Stroke, SOHC
Jumlah/Posisi SIlinder : Single Silinder
Diameter X langkah : 58,00 mm X 58,7 mm
Perbandingan kompresi : 10,5:1
Daya Maksimum : 11,1 kw/8000 rpm
Torsi Maksimum : 14,4 Nm/6000 rpm
Sistem Starter : Elektrik Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : 1,00 L : Berkala=0,90 L
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection
Tipe Kopling : Kering, Centrifugal automatic
Tipe Transmisi L: V-Belt Automatic
Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI
Baterai : YT27V
Tipe Busi : NGK/CPR8EA-9
Dimensi
P X L X T : 1.955 mm X 740 mm X 1.115 mm
Jarak sumbu roda : 1.2350 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 765 mm
Berat Isi : 127 kg
Kapasitas tangki bensin : 6,61
Rangka
Tipe rangka : Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Unti Swing
Ukuran Ban depan : 110/70 – 13M/C 48P
Ukuran Ban belakang : 130/70 – 13M/C 63P
Rem Depan : Single disc brake (ABS)
Rem belakang : Single disc brake (ABS)

Harga Yamaha NMAX

Waktunya Mas Sena membisikkan harga Yamaha NMAX terbaru setelah dari tadi mengulas motor matik ini mulai dari sisi desain sampai dengan fitur-fiturnya. Meskipun informasi mengenai spesifikasi Yamaha NMAX ini masih belum sepenuhnya didapat tetapi dengan beberapa ulasan yang Mas Sena sampaikan tersebut tentunya sangat menarik bukan bro dan sis? Tidak terasa ya kita telah sampai pada ulasan harga Yamaha NMAX di segmen terakhir ini. Eits, tapi sebelum Mas Sena membeberkan harga dari skuter matik premium terbaru ciptaan Yamaha ini ada baiknya kita tarik sedikit kesimpulan mengenai motor matik Yamaha ini. Menurut Mas Sena Yamaha NMAX ini akan mengulang kesuksesan seperti produk premium yang dilokalkan sebelumnya seperti Yamaha YZF R25 dan Yamaha YZF R15. Dengan memiliki berbagai keunggulan seperti dimensi lebih besar namun lebih ringan, mesin yang menghasilkan tenaga lebih besar dan memiliki fitur modern yang canggih membuat skutik premium ini dengan mudahnya mengalahkan PCX 150. Apalagi dengan harga Yamaha NMAX yang di gadang-gadang lebih murah dibandingkan dengan PCX 150 karena dibuat di Indonesia. Lalu berapakah harga Yamaha NMAX terbaru yang akan dibanderol di Indonesia?
harga yamaha nmax
Sebenarnya untuk harga Yamaha NMAX memang belum pasti, meskipun informasi tentang harga yang sudah beredar di Indonesia ternyata memiliki perbandingan harga yang cukup jauh dibandingkan dengan PCX 150. Sesuai dengan berbagai macam keunggulan tetap membuat Yamaha NMAX ini memiliki harga premium namun tak setinggi dengan harga produk skutik premium rivalnya. Dari informasi yang Mas Sena dapatkan harga Yamaha NMAX yang katanya bocor terlebih dahulu melalui YMC (Yamaha Motor Company). Motor matik Yamaha ini dibanderol dengan Rp 27.400.000,- untuk versi ABS-nya. Sedangkan untuk harga Yamaha NMAX Non ABS dipasarkan lebih murah yaitu Rp 23.500.000,-. Menurut Mas Sena harga Yamaha NMAX tersebut sebanding karena skutik premium ini memiliki performa mantap dan handal. Bagaimana apakah bro dan sis berniat memiliki skutik premium terbaru dari Yamaha ini setelah mengetahui harga Yamaha NMAX terbaru?
Harga Yamaha NMAX
Tipe Harga
Harga Yamaha NMAX ABS Rp 27.400.000,-
Harga Yamaha NMAX Non ABS Rp 23.500.000,-
Tetapi perlu anda ketahui apabila harga Yamaha NMAX yang Mas Sena sampaikan adalah harga On The Road untuk wilayah DKI Jakarta. Untuk harga Yamaha NMAX di wilayah lain mungkin akan mengalami pergeseran harga karena faktor distribusi dan lain sebagainya. Anda sendiri dapat mendatangi dealer-dealer resmi Yamaha untuk mengetahui mengenai informasi resmi serta kepastian harga jualnya di wilayah anda. Pastikan anda menyiapkan budget terlebih dahulu karena harga Yamaha NMAX ini termasuk tinggi untuk sebuah motor matik. Dengan harga tersebut Yamaha mantap untuk merilis varian motor matik premium tersebut ke publik Indonesia. Yamaha mengharapkan ekspetasi yang tinggi untuk kesuksesan motor ini. Jadi kita lihat saja perkembangan penjualan varian motor matik yang unik ini.
harga yamaha nmax terbaru
Calon pesaing kuat dari Honda PCX 150 ini memang menjanjikan performa maksimal dan tangguh. Perbedaan antara kedua versi tersebut secara spesifikasi serta fitur-fitur bisa dikatakan tidak terlalu jauh. Faktor utama yang menjadi perbedaan adalah Honda PCX 150 adalah dibuat secara CBU (Completely Built Up) sedangkan Yamaha NMAX ini diproduksi di tanah air. Nah itulah yang menyebabkan selisih harga Yamaha NMAX dengan rivalnya ini sedemikian jauh hingga mencapai lebih dari 10 jutaan. Jadi bro yang menginginkan skutik dengan kubikasi mesin 150 cc ini akan dihadapkan pada dua pilihan antara Honda PCX 150 atau Yamaha NMAX. Kalau Mas Sena sendiri sih lebih memilih Yamaha NMAX daripada Honda PCX 150 karena walaupun produknya bukan built up tetapi menurut perkembangan terbaru kini produk-produk otomotif buatan dalam negeri mulai dipercaya kualitasnya dan dipasarkan ke negara-negara tetangga. Namun Mas Sena menyerahkan segala keputusan pada anda untuk menentukan mana skutik terbaik yang sedianya akan anda bawa pulang. Demikianlah ulasan lengkap mengenai harga Yamaha NMAX terbaru pada segmen terakhir yang sekaligus menutup perjumpaan Mas Sena pada kesempatan review kali ini. Sampai jumpa.

Sumber : https://www.semisena.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...